× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

Mister Phy

Semua tentang Sains

Skenario pembelajaran gerak dengan percepatan konstan

Skenario Pembelajaran Gerak dengan percepatan konstan

Pendahuluan

1. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.
2. Guru memberikan pertanyaan apersepsi kepada siswa tentang gerak lurus berubah beraturan yaitu sebagai berikut:

a. Masih ingatkah kalian, apa yang dimaksud dengan gerak?
b. Apa yang dimaksud gerak lurus beraturan? Berikan contohnya!

3. Guru kembali memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menggali konsepsi awal mereka tentang gerak lurus beraturan yaitu sebagai berikut:

a. Apa yang dimaksud dengan percepatan? Sebuah benda bergerak dengan percepatan tetap, apa maksudnya?
b. Bagaimanakah grafik hubungan antara kecepatan dengan waktu dan percepatan dengan waktu pada gerak lurus berubah beraturan.

4. Siswa diberi informasi bahwa untuk mengetahui jawaban yang benar dari kedua pertanyaan di atas, kalian harus mendiskusikan hal tersebut.
5. Guru menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas yaitu gerak lurus berubah beraturan dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah pembelajaran selesai yaitu memahami karakteristik gerak lurus berubah beraturan.

Kegiatan inti

  1. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 anggota untuk setiap kelompoknya.
  2. Setiap kelompok diberi Lembar Kegiatan Siswa yang digunakan sebagai pedoman siswa dalam melakukan diskusi.
  3. Sisiwa melakukan diskusi membahas gerak lurus berubah beraturan
  4. Selama siswa melakukan diskusi, guru terus mengawasi dan membimbing siswa.
  5. Salah satu kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
  6. Guru memberikan koreksi dan penguatan yaitu sebagai berikut:
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak yang lintasannya lurus dengan percepatan tetap. Percepatan tetap berarti dalam selang waktu yang sama, kecepatan benda mengalami perubahan yang sama. Jika digambarkan dalam sebuah grafik v –t dan a – t pada gerak lurus berubah beraturan, yaitu sebagai berikut:
Grafik gerak dengan percepatan konstan
Dari grafik v – t di atas, kemiringan grafik menyatakan besar percepatannya.

Penutup

  1. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan
  2. Siswa diberi tugas individu dan informasi tentang materi pelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu gerak jatuh bebas.
  3. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

Lembar Kegiatan Siswa

A. Tujuan Diskusi
Memahami karakteristik gerak lurus berubah beraturan

B. Teori
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak yang lintasannya lurus dengan percepatan tetap. Percepatan tetap berarti dalam selang waktu yang sama, perubahan kecepatan sama. Sebagai contoh, sebuah benda bergerak lurus beraturan dengan percepatan konstan sebesar 10 m/s2. Ini artinya dalam selang waktu 1 detik, kecepatan benda berubah sebesar 10 m/s. Dengan kata lain, jika benda mula-mula diam, maka 1 detik kemudian kecepatannya menjadi 10 m/s. Dua detik kemudian kecepatannya menjadi 20 m/s, demikian seterusnya.

C. Pertanyaan
1. Sebuah mobil bergerak lurus dengan percepatan tetap yaitu sebesar 5 m/s2, jelaskan maksudnya?
2. Jika mobil tersebut mula-mula diam, berapakah kecepatannya setelah 1 detik, 2 detik, 3 detik, 4 detik, dan 5 detik. Tulislah jawabanmu pada tabel di bawah ini!
Gerak lurus






1. Berdasarkan tabel di atas buatlah grafik hubungan antara kecepatan (v) terhadap waktu (t)!
2. Bagaimanakah cara menentukan besar percepatan mobil dari grafik yang kamu buat! Jelaskan!
3. Bagaimanakah cara menentukan jarak yang ditempuh dari grafik tersebut? Jelaskan!
4. Buatlah grafik hubungan antara percepatan (a) terhadap waktu (t)!
5. Buatlah kesimpulan yang kamu peroleh dari hasil diskusi ini!

Download skenario pembelajaran gerak dengan percepatan konstan

.
Topik: #Pembelajaran fisika #Skenario pembelajaran gerak dengan percepatan konstan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

   

Popular Posts

  • Skenario pembelajaran mikrometer sekrup dan neraca Ohauss
    Skenario Pembelajaran mikrometer sekrup dan neraca Ohauss Pendahuluan A. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa...
  • Pembahasan soal percepatan dua benda yang dihubungkan dengan tali
    Percepatan dua benda yang dihubungkan dengan tali Nomor 1 Dua buah balok dihubungkan dengan seutas tali ringan di tarik secara horizontal de...
  • Skenario pembelajaran angka penting
    Skenario Pembelajaran Angka Penting Pendahuluan a. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa b....
  • Pembahasan soal-soal kesetimbangan statis benda tegar
    Pembahasan soal-soal kesetimbangan statis benda tegar Berikut ini adalah pembahasan soal-soal kesetimbangan statis benda tegar. Mudah-mud...
  • Pembahasan soal fisika tentang Lup
    Pembahasan soal fisika tentang Lup Dibawah ini merupakan pembahasan soal-soal fisika SMA tentang lup atau kaca pembesar. Materi Lup merupaka...
  • Pembahasan soal mikroskop
    Pembahasan soal mikroskop Dibawah ini merupakan pembahasan soal-soal fisika sma tentang mikroskop. Mikroskop merupakan materi fisika SMA kel...

Halaman

  • Beranda
  • Site Map
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Gambar tema oleh Matt Vince. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah