× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

Mister Phy

Semua tentang Sains

Skenario pembelajaran mikrometer sekrup dan neraca Ohauss

Skenario Pembelajaran mikrometer sekrup dan neraca Ohauss

Pendahuluan

A. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiaran siswa.
B. Siswa diberi pertanyaan sebagai apersepsi pembelajaran yaitu sebagai berikut:

1. Alat ukur apa yang digunakan untuk mengukur besaran panjang selain mistar dan jangka sorong?
2. Alat ukur apa yang digunakan untuk mengukur besaran massa?

C. Guru memperlihatkan pada siswa alat ukur berupa micrometer sekrup dan nerara Ohauss, kemudian mengajukan pertanyaan untuk menggali konsepsi awal siswa tentang alat tersebut:

1. Bagaimanakah cara kerja dari micrometer sekrup?
2. Bagaimanakah cara penggunaan dari neraca Ohauss?

D. Siswa diberi informasi bahwa untuk mengetahui jawaban yang benar dari kedua pertanyaan diatas, kalian harus menyimak penjelasan yang akan disampaikan guru.
E. Siswa diberi tahu tentang materi yang akan dibahas yaitu micrometer sekrup dan neraca Ohauss dan kompetensi yang diharapkan setelah pembelajaran ini selesai.

Kegiatan Inti

A. Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang bagian-bagian dan prinsip kerja dari micrometer sekrup yaitu sebagai berikut:
Mikrometer sekrup memiliki bagian-bagian yaitu sebagai berikut:

Mikrometer sekrup

Prinsip kerja dari mikrometer yaitu dengan memutar nonius. Jika nonius ini diputar satu putaran penuh maka rahang geser bergeser sebesar 0.5 mm. Nonius dibuat menjadi 50 skala yang sama. Jadi jika nonius diputar satu skala maka rahang geser bergeser sejauh 0.01 mm. Angka ini merupakan ketelitian dari micrometer sekrup.

Cara membaca hasil pengukuran micrometer sekrup yaitu sebagai berikut:
  • Tentukan hasil pembacaan pada skala utama
  • Jika berlebih, tentukan kelebihannya dengan menggunakan nonius. Yaitu dengan cara menentukan skala nonius yang berimpit dengan garis tengah pada skala utama
A. Siswa diberikan contoh soal untuk lebih memahami cara kerja dan pembacaan micrometer sekrup
B. Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang micrometer sekrup
C. Guru melanjutkan pembelajaran dengan menjelaskan cara penggunaan dan pembacaan hasil ukur pada neraca tiga lengan, yaitu sebagai berikut:

Neraca tiga lengan memiliki tiga lengan. Tiap lengan memiliki jarak skala yang berbeda. Yang pertama lengan bagian depan memiliki jarak skala 1 gram, lengan kedua yaitu lengan dibagian tengah yang memiliki jarak skala 100 gram dan lengan ketiga yaitu lengan bagian belakang yang memiliki jarak skala 10 gram. Cara penggunaan dari neraca ini adalah pertama geser terlebih dahulu lengan yang memiliki skala yang paling besar (lengan kedua), kemudian jika hasilnya belum seimbang (berlebih) maka geser lengan bagian belakang. Jika dengan menggeser lengan ketiga ini tetap hasilnya belum seimbang, maka langkah terakhir adalah menggeser lengan pertama. Hasil pengukuran dapat diperoleh jika sudah terjadi kesetimabangan. Cara pengukurannya yaitu menjumlahkan hasil pada maing-masing lengan.

D. Siswa diberikan contoh soal untuk lebih memahami cara kerja dan pembacaan neraca tiga lengan

Penutup

A. Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan
B. Siswa diberi informasi tentang materi pelajaran yang akan dibahas pada pembelajaran selanjutnya yaitu tentang angka penting
C. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

Download skenario pembelajaran mikrometer sekrup

.
Topik: #Pembelajaran fisika #Skenario pembelajaran mikrometer sekrup dan neraca Ohauss


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

   

Popular Posts

  • Contoh soal tata nama senyawa biner, poliatomik dan pembahasannya
    Berikut adalah tata cara memberi nama senyawa biner : Senyawa biner yang terdiri dari atom logam dan nonlogam diberi nama dengan cara menyeb...
  • Pembahasan soal persamaan umum gas ideal
    Persamaan umum gas ideal Berikut ini merupakan pembahasan soal-soal fisika SMA kelas XI tentang persamaan umum gas ideal. Persamaan umum gas...
  • Contoh Soal dan Pembahasan Getaran dan Gelombang
    getaran dan gelombang, materi fisika SMP Kelas 8 (VIII), tercakup amplitudo, frekuensi, periode dari getaran dan gelombang, panjang gelomba...
  • Ringkasan materi dan pembahasan soal Un tentang alat-alat Optik
    RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN TENTANG ALAT-ALAT OPTIK Ringkasan materi dan pembahasan soal-soal ujian nasional fisika sma tentang ...
  • Pembahasan soal intensitas dan taraf intensitas
    Pembahasan soal intensitas dan taraf intensitas Nomor 1 Intensitas bunyi dititik P yang berjarak 3 m dari sumber bunyi adalah  10 – 4 watt/m...
  • Download LKS untuk SMP Lengkap
    Berikut anda anak-anak siswa SMP dapat mendownload LKS untuk mata pelajaran kelas IPA kelas VII. Asam Basa 1 [ DOWNLOAD ] Asam Basa 2 [ D...
  • Ringkasan materi dan pembahasan soal UN fisika sma Relativitas khusus
    RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN TENTANG RELATIVITAS KHUSUS Ringkasan materi dan pembahasan soal-soal ujian nasional tentang relativi...

Halaman

  • Beranda
  • Site Map
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Gambar tema oleh Matt Vince. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah