Pendahuluan
1. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memerikas kehadiran siswa.
2. Siswa diberi pertanyaan apersepsi tentang gerak lurus beraturan yaitu sebagai berikut:
a. Masih ingatkah kalian, apa yang dimaksud dengan gerak?
b. Apa yang dimaksud dengan gerak lurus beraturan?
3. Siswa kembali diberi pertanyaan untuk menggali konsepsi awal mereka tentang gerak lurus beraturan yaitu sebagai berikut:
a. Bagaimanakah grafik hubungan antara perpindahan dengan waktu pada gerak lurus beraturan?
b. Bagaimanakah grafik hubungan antara kecepatan dengan waktu pada gerak lurus beraturan?
4. Siswa diberi informasi bahwa untuk mengetahui jawaban yang benar dari pertanyaan di atas, kalian harus melakukan diskusi membahas gerak lurus beraturan.
5. Guru menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas yaitu gerak lurus beraturan dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai oleh siswa yaitu dapat mengidentifikasi karakteristik gerak lurus beraturan.
Kegiatan inti
1. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 anggota untuk satu kelompoknya.
2. Tiap kelompok diberi Lembar Kegiatan Siswa sebagai petunjuk siswa dalam melakukan diskusi
3. Siswa melakukan diskusi dibawah pengawasan dan bimbngan guru
4. Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
5. Guru memberikan koreksi dan penguatan yaitu sebagai berikut:
Gerak lurus beraturan adalah gerak yang lintasannya lurus dengan kecepatan yang tetap. Kecepatan tetap berarti dalam selang waktu yang sama, jarak yang ditempuhnya sama pula. Jika digambarkan dalam sebuah grafik jarak (s) terhadap waktu (t) dan kecepatan (v) terhadap waktu (t), maka grafik tersebut sebagai berikut:
Pada grafik s-t, kemiringan grafik menyatakan besar kecepatannya. Sedangkan pada grafik v-t, luas dibawah kurva menyatakan besar jarak atau perpindahan yang ditempuh.
Penutup
1. Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Siswa diberi tugas individu dan informasi tentang materi pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu gerak lurus berubah beraturan.
3. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
Lembar Kegiatan Siswa
A. Tujuan diskusi1. Mengidentifikasi karakteristik gerak lurus beraturan
2. Memformulasikan besaran-besaran pada gerak lurus beraturan
B. Teori
Gerak lurus beraturan adalah gerak dengan lintasan lurus dengan kecepatan tetap. Kecepatan tetap berarti dalam selang waktu yang sama, jarak yang ditempuhnya sama. Misalkan: sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap yaitu 30 km/jam. Hal ini menunjukkan bahwa dalam satu jam mobil tersebut menempuh jarak 30 km.
C. Pertanyaan
1. Seseorang pelari berlari pada lintasan lurus dengan kecepatan kecepatan tetap yaitu 1 m/s. Jelaskan maksudnya?
2. Tentukan jarak yang ditempuh setelah 1 detik, 2 detik, 3 detik, 4 detik, dan 5 detik. Tulislah jawabanmu pada tabel dibawah ini:
3. Berdasarkan Tabel 1 di atas, buatlah grafik hubungan antara jarak (s) dengan waktu (t)
4. Bagaimanakah persamaan garis pada grafik yang kamu buat di atas!
5. Buatlah grafik antara kecepatan (V) terhadap waktu (t)
6. Bagaimanakah cara menentukan jarak yang ditempuh dari grafik v – t yang kamu buat tersebut!
7. Buatlah kesimpulan yang kamu peroleh dari diskusi ini!
Download skenario pembelajaran gerak lurus beraturan
6. Bagaimanakah cara menentukan jarak yang ditempuh dari grafik v – t yang kamu buat tersebut!
7. Buatlah kesimpulan yang kamu peroleh dari diskusi ini!
Download skenario pembelajaran gerak lurus beraturan
.
Topik: #Pembelajaran fisika #Skenario pembelajaran gerak lurus beraturan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar