× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

Mister Phy

Semua tentang Sains

Skenario pembelajaran gerak lurus

Pendahuluan

1. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.
2. Siswa diberi pertanyaan apersepsi tentang gerak lurus yaitu sebagai berikut:

a. Apa yang dimaksud dengan gerak?
b. Besaran-besaran apa saja yang terdapat pada benda yang bergerak?

3. Siswa kembali diberikan pertanyaan untuk menggali konsepsi awal mereka tentang besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak yaitu sebagai berikut:

a. Apa perbedaan antara perpindahan dengan jarak?
b. Apa yang kalian ketahui tentang kecepatan dan kelajuan?

4. Guru memberitahukan pada siswa bahwa untuk mengetahui jawaban dari kedua pertanyaan tersebut, siswa harus melakukan suatu kegiatan.
5. Siswa diberi informasi tentang materi yang akan dibahas yaitu gerak lurus beraturan dan kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran berlangsung yaitu dapat membedakan dan memformulasikan besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak.

Kegiatan inti

1. Siswa dibagi ke dalam 9 kelompok yang masing-masing anggotanya terdiri dari 4 siswa.
2. Setiap kelompok diberikan Lembar Kegiatan Siswa sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan yang akan dilakukan.
3. Guru terus melakukan pengawasan dan bimbingan selama siswa melakukan kegiatan
4. Salah satu kelompok mempresentasikan laporan hasil kegiatan yang telah dilakukan didepan kelas.
5. Siswa diberi penguatan yaitu sebagai berikut:
Perpindahan berbeda dengan jarak. Perpindahan adalah jarak posisi akhir terhadap posisi awal benda yang bergerak. Perpindahan merupakan besaran vektor. Artinya perpindahan memiliki besar juga arah. Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda yang bergerak. Jarak merupakan besaran skalar. Artinya jarak hanya memiliki besar. Perbandingan antara perpindahan dengan waktu yang diperlukan benda untuk berpindah disebut kecepatan rata-rata:
Kecepatan rata-rata
Sedangkan, perbandingan antara jarak dengan waktu yang diperlukan benda untuk menempuh jarak tersebut disebut kelajuan rata-rata.
Kelajuan rata-rata

Penutup

1. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan
2. Siswa diberi tugas individu dan informs tentang materi pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu gerak lurus beraturan.
3. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

Lembar Kegiatan Siswa

A. Tujuan
Membedakan besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak
B. Alat dan bahan

1. Stopwatch
2. Meteran

C. Teori Dasar
Gerak adalah peristiwa yang mengenai benda, materi, atau sistem sehingga benda tersebut mengalami perubahan letak terhadap titik acuan tertentu. Gerak sangat erat kaitannya dengan jarak dan perpindahan. Dengan kata lain, sebuah benda yang bergerak akan menempuh jarak tertentu dan berpindah sejauh tertentu pula. Selain itu, gerak juga berkaitan dengan kecepatan dan kelajuan. Untuk lebih memahami besaran-besaran tersebut, lakukanlah kegiatan berikut ini!

D. Prosedur kegiatan

a. Buatlah sebuah lintasan lurus dilapangan dengan panjang 2 meter. Kemudian buatlah tiga posisi yaitu di awal lintasan (A), diakhir lintasan (B), dan di tengah lintasan (C).
a. Tunjukkan salah seorang anggota kelompokmu untuk berjalan melintasi lintasan tersebut yaitu dari A ke B lalu balik ke C. Kemudian catatlah waktu yang diperlukan.
b. Tentukanlah jarak yang ditempuh oleh anggotamu yang berjalan tersebut?
c. Tentukan pula perpindahannya?

A. Pertanyaan
1. Berapakah kecepatan rata-rata anggotamu yang berjalan tersebut?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...

2. Hitung pula kelajuan rata-ratanya?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...

3. Apakah perbedaan antara perpindahan dengan jarak?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Apa perbedaan antara kecepatan dengan kelajuan?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5. Buatlah kesimpulan yang kamu peroleh dari kegiatan ini?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Download skenario pembelajaran gerak lurus




.
Topik: #Pembelajaran fisika #Skenario pembelajaran gerak lurus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

   

Popular Posts

  • Pembahasan soal persamaan umum gas ideal
    Persamaan umum gas ideal Berikut ini merupakan pembahasan soal-soal fisika SMA kelas XI tentang persamaan umum gas ideal. Persamaan umum gas...
  • Gaya Coulomb
    Dua buah muatan yang berada pada jarak r akan saling tarik-menarik atau tolak menolak, tergantung pada jenis muatannya. Untuk muatan seje...
  • Pembahasan soal UN matematika SMA
    Pembahasan soal UN matematika SMA Ujian nasional atau yang disingkat UN adalah pengganti ebtanas dan UAN sudah dilakukan pemerintah sejak ta...
  • Menentukan Posisi Medan Listrik Nol
    Dengan asumsi bahwa adik-adik tidak bingung dalam menentukan arah medan listrik (muatan positif arah keluar, muatan negatif arah masuk dan ...
  • Ringkasan materi dan pembahasan UN fisika tentang elastisitas dan hukum Hooke
    RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN TENTANG ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE Ringkasan materi dan pembahasan soal-soal ujian nasional fisika ...
  • Ringkasan materi ganggang (alga)
    Ganggang (Alga) Ganggang (alga) termasuk dicisi Thallophyta atau tumbuh-tumbuhan talus karena struktur organ tubuhnya seperti akar, batang d...
  • Ringkasan materi dan pembahasan soal UN fisika tentang gravitasi
    RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN FISIKA SMA TENTANG GRAVITASI Ringkasan materi dan pembahasan soal-soal ujian nasional fisika sma ten...

Halaman

  • Beranda
  • Site Map
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Gambar tema oleh Matt Vince. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah