× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

Mister Phy

Semua tentang Sains

Skenario pembelajaran gerak lurus berubah beraturan

Pendahuluan

1. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa
2. Guru mengajukan pertanyaan apersepsi tentang contoh GLBB yaitu sebagai berikut:

a. Masih ingatkah kalian, apa yang dimaksud dengan GLBB?
b. Sebutkan contoh benda yang bergerak secara GLBB?

3. Guru kembali mengajukan pertanyaan untuk menggali konsepsi awal siswa tentang gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas yaitu sebagai berikut:

a. Apakah ciri dari benda yang bergerak jatuh bebas?
b. Apakah cirri dari benda yang bergerak vertikal ke atas?

4. Siswa diberi informasi bahwa untuk mengetahui jawaban yang benar, mereka harus mendengarkan penjelasan dari guru.

5. Guru menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas yaitu gerak jatuh bebas dan gerak vertical ke atas dan kompetensi yang diharapkan yaitu siswa dapat memahami karakteristik gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas.

Kegiatan inti

1. Siswa diberi penjelasan tentang gerak jatuh bebas. Mula-mula, siswa ditunjukkan sebuah benda yang jatuh bebas yaitu sebuah penghapus yang dijatuhkan. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan sebagai berikut:

Gerak jatuh bebas adalah gerak jatuh tanpa kecepatan awal (kecepatan awal nol). Jadi, ciri benda yang jatuh bebas adalah kecepatan awalnya nol. Benda yang bergerak jatuh bebas akan bergerak dipercepat dengan percepatan tetap yaitu sebesar percepatan gravitasi bumi (g = 9,8 m/s2). Dengan mengetahui ciri jatuh bebas ini, dapat ditentukan besaran-besaran yang terdapat pada gerak jatuh bebas yaitu dengan cara menghubungkannya dengan persamaan-persamaan yang terdapat pada GLBB.
Gerak jatuh bebas

1. Untuk lebih memahami penerapan persamaan-persamaan pada gerak jatuh bebas, siswa diberi latihan soal.

2. Guru melanjutkan pembelajaran dengan memberi penjelasan gerak vertikal ke atas. Mula-mula siswa ditunjukkan benda yang bergerak vertikal ke atas yaitu sebuah penghapus yang dilempar ke atas. Kemudian, dilanjutkan dengan memberi penjelasan sebagai berikut:

Gerak vertikal ke atas adalah gerak lurus ke atas. Ciri dari gerak ini adalah pada ketinggian maksimum kecepatan benda nol. Artinya pada ketinggian maksimum benda diam sesaat. Benda yang bergerak vertikal ke atas akan bergerak GLBB di perlambat dengan perlambatan sebesar percepatan gravitasi bumi yaitu sekitar 9,8 m/s2. Dengan mengetahui karakteristik gerak vertical ke atas ini, dapat ditentukan persamaan-persamaan yang terkait dengan gerak vertikal ke atas.
GLBB

Pengurangan yang terdapat pada persamaan gerak vertikal ke atas karena gerak diperlambat. Artinya percepatannya negatif
1. Untuk lebih memahami penerapan persamaan gerak vertikal ke atas, siswa diberi latihan soal.

Penutup

1. Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan

2. Siswa diberi tugas individu dan informasi tentang materi pelajaran pada pertemuan selanjutnya yaitu hukum Newton.

3. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

Download skenario pembelajaran gerak lurus berubah beraturan
.
Topik: #Pembelajaran fisika #Skenario pembelajaran gerak lurus berubah beraturan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

   

Popular Posts

  • Ringkasan materi dan pembahasan soal UN fisika tentang gelombang bunyi
    RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN TENTANG GELOMBANG BUNYI Ringkasan materi dan pembahasan soal-soal ujian nasionl fisika sma tentan...
  • Materi dan pembahasan contoh soal suku banyak - teorema sisa
    Suku banyak dan teorema sisa Hal yang paling utama pada suku banyak adalah pembagian suku banyak P(x) oleh suatu suku Q(x) yang ditulis seba...
  • Pembahasan soal faktorial dan permutasi
    Pembahasan soal faktorial dan permutasi Faktorial merupakan penulisan singkat dari perkalian sederetan bilangan bulat positif terurut hingga...
  • Ringkasan materi dan pembahasan soal UN fisika tentang dinamika rotasi
    RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN FISIKA TENTANG DINAMIKA ROTASI Ringkasan materi dan pembahasan soal-soal ujian nasional fisika sma t...
  • Ringkasan materi dan pembahasan contoh soal persamaan kuadrat
    Persamaan kuadrat Persamaan kuadrat memiliki bentuk umum sebagai berikut: ax n + bx + c = 0 Akar-akar persamaan kuadrat dapat dihitung deng...
  • Pembahasan soal rotasi
    Pembahasan soal rotasi Nomor 1 (Ebtanas 1998) Perhatikan gambar di bawah. Tiga partikel dengan massa m, 2m, dan 3m dipasang pada ujung keran...
  • Ringkasan materi dan pembahasan soal UN fisika tentang momentum dan Impuls
    RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN TENTANG MOMENTUM DAN IMPULS Ringkasan materi dan pembahasan soal-soal ujian nasional fisika sma tent...

Halaman

  • Beranda
  • Site Map
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Gambar tema oleh Matt Vince. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah