Pendahuluan
1. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa
2. Guru mengajukan pertanyaan apersepsi tentang contoh GLBB yaitu sebagai berikut:
a. Masih ingatkah kalian, apa yang dimaksud dengan GLBB?
b. Sebutkan contoh benda yang bergerak secara GLBB?
3. Guru kembali mengajukan pertanyaan untuk menggali konsepsi awal siswa tentang gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas yaitu sebagai berikut:
a. Apakah ciri dari benda yang bergerak jatuh bebas?
b. Apakah cirri dari benda yang bergerak vertikal ke atas?
4. Siswa diberi informasi bahwa untuk mengetahui jawaban yang benar, mereka harus mendengarkan penjelasan dari guru.
5. Guru menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas yaitu gerak jatuh bebas dan gerak vertical ke atas dan kompetensi yang diharapkan yaitu siswa dapat memahami karakteristik gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas.
Kegiatan inti
1. Siswa diberi penjelasan tentang gerak jatuh bebas. Mula-mula, siswa ditunjukkan sebuah benda yang jatuh bebas yaitu sebuah penghapus yang dijatuhkan. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan sebagai berikut:
Gerak jatuh bebas adalah gerak jatuh tanpa kecepatan awal (kecepatan awal nol). Jadi, ciri benda yang jatuh bebas adalah kecepatan awalnya nol. Benda yang bergerak jatuh bebas akan bergerak dipercepat dengan percepatan tetap yaitu sebesar percepatan gravitasi bumi (g = 9,8 m/s2). Dengan mengetahui ciri jatuh bebas ini, dapat ditentukan besaran-besaran yang terdapat pada gerak jatuh bebas yaitu dengan cara menghubungkannya dengan persamaan-persamaan yang terdapat pada GLBB.
1. Untuk lebih memahami penerapan persamaan-persamaan pada gerak jatuh bebas, siswa diberi latihan soal.
2. Guru melanjutkan pembelajaran dengan memberi penjelasan gerak vertikal ke atas. Mula-mula siswa ditunjukkan benda yang bergerak vertikal ke atas yaitu sebuah penghapus yang dilempar ke atas. Kemudian, dilanjutkan dengan memberi penjelasan sebagai berikut:
Gerak vertikal ke atas adalah gerak lurus ke atas. Ciri dari gerak ini adalah pada ketinggian maksimum kecepatan benda nol. Artinya pada ketinggian maksimum benda diam sesaat. Benda yang bergerak vertikal ke atas akan bergerak GLBB di perlambat dengan perlambatan sebesar percepatan gravitasi bumi yaitu sekitar 9,8 m/s2. Dengan mengetahui karakteristik gerak vertical ke atas ini, dapat ditentukan persamaan-persamaan yang terkait dengan gerak vertikal ke atas.
2. Guru melanjutkan pembelajaran dengan memberi penjelasan gerak vertikal ke atas. Mula-mula siswa ditunjukkan benda yang bergerak vertikal ke atas yaitu sebuah penghapus yang dilempar ke atas. Kemudian, dilanjutkan dengan memberi penjelasan sebagai berikut:
Gerak vertikal ke atas adalah gerak lurus ke atas. Ciri dari gerak ini adalah pada ketinggian maksimum kecepatan benda nol. Artinya pada ketinggian maksimum benda diam sesaat. Benda yang bergerak vertikal ke atas akan bergerak GLBB di perlambat dengan perlambatan sebesar percepatan gravitasi bumi yaitu sekitar 9,8 m/s2. Dengan mengetahui karakteristik gerak vertical ke atas ini, dapat ditentukan persamaan-persamaan yang terkait dengan gerak vertikal ke atas.
Pengurangan yang terdapat pada persamaan gerak vertikal ke atas karena gerak diperlambat. Artinya percepatannya negatif
1. Untuk lebih memahami penerapan persamaan gerak vertikal ke atas, siswa diberi latihan soal.
Penutup
1. Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan2. Siswa diberi tugas individu dan informasi tentang materi pelajaran pada pertemuan selanjutnya yaitu hukum Newton.
3. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
Topik: #Pembelajaran fisika #Skenario pembelajaran gerak lurus berubah beraturan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar