× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

Mister Phy

Semua tentang Sains

Skenario pembelajaran gerak lurus berubah beraturan

Pendahuluan

1. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa
2. Guru mengajukan pertanyaan apersepsi tentang contoh GLBB yaitu sebagai berikut:

a. Masih ingatkah kalian, apa yang dimaksud dengan GLBB?
b. Sebutkan contoh benda yang bergerak secara GLBB?

3. Guru kembali mengajukan pertanyaan untuk menggali konsepsi awal siswa tentang gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas yaitu sebagai berikut:

a. Apakah ciri dari benda yang bergerak jatuh bebas?
b. Apakah cirri dari benda yang bergerak vertikal ke atas?

4. Siswa diberi informasi bahwa untuk mengetahui jawaban yang benar, mereka harus mendengarkan penjelasan dari guru.

5. Guru menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas yaitu gerak jatuh bebas dan gerak vertical ke atas dan kompetensi yang diharapkan yaitu siswa dapat memahami karakteristik gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas.

Kegiatan inti

1. Siswa diberi penjelasan tentang gerak jatuh bebas. Mula-mula, siswa ditunjukkan sebuah benda yang jatuh bebas yaitu sebuah penghapus yang dijatuhkan. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan sebagai berikut:

Gerak jatuh bebas adalah gerak jatuh tanpa kecepatan awal (kecepatan awal nol). Jadi, ciri benda yang jatuh bebas adalah kecepatan awalnya nol. Benda yang bergerak jatuh bebas akan bergerak dipercepat dengan percepatan tetap yaitu sebesar percepatan gravitasi bumi (g = 9,8 m/s2). Dengan mengetahui ciri jatuh bebas ini, dapat ditentukan besaran-besaran yang terdapat pada gerak jatuh bebas yaitu dengan cara menghubungkannya dengan persamaan-persamaan yang terdapat pada GLBB.
Gerak jatuh bebas

1. Untuk lebih memahami penerapan persamaan-persamaan pada gerak jatuh bebas, siswa diberi latihan soal.

2. Guru melanjutkan pembelajaran dengan memberi penjelasan gerak vertikal ke atas. Mula-mula siswa ditunjukkan benda yang bergerak vertikal ke atas yaitu sebuah penghapus yang dilempar ke atas. Kemudian, dilanjutkan dengan memberi penjelasan sebagai berikut:

Gerak vertikal ke atas adalah gerak lurus ke atas. Ciri dari gerak ini adalah pada ketinggian maksimum kecepatan benda nol. Artinya pada ketinggian maksimum benda diam sesaat. Benda yang bergerak vertikal ke atas akan bergerak GLBB di perlambat dengan perlambatan sebesar percepatan gravitasi bumi yaitu sekitar 9,8 m/s2. Dengan mengetahui karakteristik gerak vertical ke atas ini, dapat ditentukan persamaan-persamaan yang terkait dengan gerak vertikal ke atas.
GLBB

Pengurangan yang terdapat pada persamaan gerak vertikal ke atas karena gerak diperlambat. Artinya percepatannya negatif
1. Untuk lebih memahami penerapan persamaan gerak vertikal ke atas, siswa diberi latihan soal.

Penutup

1. Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan

2. Siswa diberi tugas individu dan informasi tentang materi pelajaran pada pertemuan selanjutnya yaitu hukum Newton.

3. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

Download skenario pembelajaran gerak lurus berubah beraturan
.
Topik: #Pembelajaran fisika #Skenario pembelajaran gerak lurus berubah beraturan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

   

Popular Posts

  • Contoh soal rumus alkana, alkena, alkuna & pembahasan
    Nomor 1 Hidrokarbon yang banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plastik adalah golongan alkena. Rumus umum senyawa alkena adalah.......
  • Contoh soal tata nama senyawa biner, poliatomik dan pembahasannya
    Berikut adalah tata cara memberi nama senyawa biner : Senyawa biner yang terdiri dari atom logam dan nonlogam diberi nama dengan cara menyeb...
  • Model Atom Rutherford
    Pada tahun 1911 Hans William Geiger dan Ernest Marsden di bawah pengawasan Ernest Rutherford melakukan percobaan hamburan sinar alfa untuk ...
  • Pembahasan soal persamaan umum gas ideal
    Persamaan umum gas ideal Berikut ini merupakan pembahasan soal-soal fisika SMA kelas XI tentang persamaan umum gas ideal. Persamaan umum gas...
  • Ringkasan materi dan Pembahasan soal UN tentang fluida statis dan dinamis
    Ringkasan materi dan Pembahasan soal UN tentang fluida statis dan dinamis Ringkasan materi dan pembahasan soal-soal ujian nasional fisik...
  • Contoh Soal dan Pembahasan Usaha dan Daya
    usaha dan daya, materi fisika SMP Kelas 8 (VIII), tercakup rumus-rumus usaha, daya, perubahan energi, serta hubungannya dengan gaya-gaya, p...
  • Silabus Fisika SMA Kurikulum 2013 | Download Soal
    untuk download silabus fisika kurikulum 2013 silahkan ikuti link berikut    Silabus Fisika SMA Kurikulum 2013 | 

Halaman

  • Beranda
  • Site Map
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Gambar tema oleh Matt Vince. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah