× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

Mister Phy

Semua tentang Sains

Skenario pembelajaran penjumlahan vektor

Pendahuluan

a. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa
b. Siswa diberi pertanyaan sebagai apersepsi yaitu sebagai berikut:

1. Apa yang dimaksud dengan besaran?
2. Apa yang dimaksud dengan besaran pokok dan besaran turunan?

c. Siswa kembali diberikan pertanyaan untuk menggali konsepsi awal mereka tentang vektor:

1. Apa yang kalian ketahui tentang vektor?
2. Ada berapa macam cara menjumlahkan vektor?

d. Siswa diberi informasi tentang materi pelajaran yang akan dibahas yaitu vektor dan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa yaitu dapat menjumlahkan vektor dengan metode poligon, jajarangenjang, dan analitis.

Kegiatan Inti

a. Siswa diberi penjelasan tentang vektor yaitu sebagai berikut:
Vektor adalah suatu besaran yang memiliki besar dan arah. Contoh besaran vector adalah kecepatan, percepatan, gaya, dan lainnya. Vektor dilambangkan dengan tanda anak panah.
Gambar vektor
A menyatakan titik tangkap dan B adalah ujung vektor. Sehingga, vektor tersebut dapat diberi nama AB (dibaca vektor AB). Selain itu, penggambaran vektor dapat ditulis seperti gambar yang kedua
Dua vektor dapat dijumlahkan dengan dua cara yaitu secara geometris dan berdasarkan komponen vektor satuan.
Secara geometris, penjumlahan vektor dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu secara poligon, jajaran genjang, dan analitis.
Menjumlah vektor dengan polygon yaitu sebagai berikut:
Penjumlahan vektor
Menjumlah vektor dengan jajarangenjang yaitu sebagai berikut:
Penjumlahan vektor
Untuk mencari besar penjumlahan kedua vektor pada gambar di atas yaitu sebagai berikut:
Penjumlahan vektor
Sedangkan menjumlahkan vektor dengan metode analitis yaitu dengan menguraikan vektor-vektor berdasarkan komponen-komponennya. Sebagai contoh yaitu sebagai berikut:

penjumlahan vektor
Dari gambar di atas diperoleh resultan vektor yaitu sebagai berikut:
1. Sumbu x:
2. Sumbu y:
Resultan seluruh vektor dihitung dengan persamaan:
Penjumlahan vektor
a. Untuk lebih memahami metode-metode penjumlahan vektor secara geometris, siswa diberikan latihan soal
b. Guru melanjutkan pembelajaran dengan memberikan penjelasan tentang menjumlahkan vektor berdasarkan komponen vektor satuan yaitu sebagai berikut:
Misalkan terdapat dua macam vektor yaitu:

1. A = ax I + ay j + az k
2. B = bx I + by j + bz k

I, j, k menyatakan vektor satuan. Jika kedua vektor tersebut dijumlahkan maka hasilnya adalah C = A + B = (ax + bx) I + (ay + by) j + (az + bz) k
c. Untuk lebih memahami penjumlahan vektor berdasarkan komponen vektor satuan, siswa diberi latihan soal

Penutup

a. Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan
b. Siswa diberi informasi tentang materi pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu tentang gerak lurus beraturan.
c. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

Download skenario pembelajaran vektor






.
Topik: #Pembelajaran fisika #Skenario pembelajaran penjumlahan vektor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

   

Popular Posts

  • Pembahasan soal mesin Carnot
    Mesin Carnot Berikut ini adalah pembahasan soal-soal fisika SMA kelas XI tentang mesin Carnot. Mesin Carnot termasuk dalam bagian bahasan te...
  • Pembahasan soal cara perpindahan kalor
    Cara perpindahan kalor Berikut ini adalah pembahasan soal-soal fisika SMA tentang cara perpindahan kalor yang meliputi perpindahan kalor sec...
  • Pembahasan soal-soal susunan pegas
    Susunan pegas Pembahasan soal-soal fisika tentang susunan pegas ini meliputi susunan seri pegas, susunan paralel pegas dan susunan gabungan ...
  • Pembahasan contoh soal limit tak tentu 0/0
    Nomor 1 A. 0/0 B. 4/5 C. 5/4 D. 8/7 E. 7/8 Pembahasan Periksa terlebih dahulu apakah limit tak tentu atau bukan dengan cara mengganti x = 3....
  • contoh soal mol, massa Molar dan pembahasannya
    Nomor 1 Jumlah mol Amonia yang terdapat dalam 6,02 x 10 22 molekul NH 3 adalah..... A. 0,01 mol B. 0,02 mol C. 0,1 mol D. 0,2 mol E. 1 mo...
  • Skenario pembelajaran gerak lurus berubah beraturan
    Pendahuluan 1. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa 2. Guru mengajukan pertanyaan apersepsi tent...
  • Soal Dimensi dan Satuan
    Mencari dimensi suatu besaran? Dimensi dari gaya? Dimensi dari daya? Dimensi dari energi? Dimensi dari impuls? Dimensi dari momentum? Den...

Halaman

  • Beranda
  • Site Map
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Gambar tema oleh Matt Vince. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah