× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

Mister Phy

Semua tentang Sains

Skenario pembelajaran penjumlahan vektor

Pendahuluan

a. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa
b. Siswa diberi pertanyaan sebagai apersepsi yaitu sebagai berikut:

1. Apa yang dimaksud dengan besaran?
2. Apa yang dimaksud dengan besaran pokok dan besaran turunan?

c. Siswa kembali diberikan pertanyaan untuk menggali konsepsi awal mereka tentang vektor:

1. Apa yang kalian ketahui tentang vektor?
2. Ada berapa macam cara menjumlahkan vektor?

d. Siswa diberi informasi tentang materi pelajaran yang akan dibahas yaitu vektor dan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa yaitu dapat menjumlahkan vektor dengan metode poligon, jajarangenjang, dan analitis.

Kegiatan Inti

a. Siswa diberi penjelasan tentang vektor yaitu sebagai berikut:
Vektor adalah suatu besaran yang memiliki besar dan arah. Contoh besaran vector adalah kecepatan, percepatan, gaya, dan lainnya. Vektor dilambangkan dengan tanda anak panah.
Gambar vektor
A menyatakan titik tangkap dan B adalah ujung vektor. Sehingga, vektor tersebut dapat diberi nama AB (dibaca vektor AB). Selain itu, penggambaran vektor dapat ditulis seperti gambar yang kedua
Dua vektor dapat dijumlahkan dengan dua cara yaitu secara geometris dan berdasarkan komponen vektor satuan.
Secara geometris, penjumlahan vektor dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu secara poligon, jajaran genjang, dan analitis.
Menjumlah vektor dengan polygon yaitu sebagai berikut:
Penjumlahan vektor
Menjumlah vektor dengan jajarangenjang yaitu sebagai berikut:
Penjumlahan vektor
Untuk mencari besar penjumlahan kedua vektor pada gambar di atas yaitu sebagai berikut:
Penjumlahan vektor
Sedangkan menjumlahkan vektor dengan metode analitis yaitu dengan menguraikan vektor-vektor berdasarkan komponen-komponennya. Sebagai contoh yaitu sebagai berikut:

penjumlahan vektor
Dari gambar di atas diperoleh resultan vektor yaitu sebagai berikut:
1. Sumbu x:
2. Sumbu y:
Resultan seluruh vektor dihitung dengan persamaan:
Penjumlahan vektor
a. Untuk lebih memahami metode-metode penjumlahan vektor secara geometris, siswa diberikan latihan soal
b. Guru melanjutkan pembelajaran dengan memberikan penjelasan tentang menjumlahkan vektor berdasarkan komponen vektor satuan yaitu sebagai berikut:
Misalkan terdapat dua macam vektor yaitu:

1. A = ax I + ay j + az k
2. B = bx I + by j + bz k

I, j, k menyatakan vektor satuan. Jika kedua vektor tersebut dijumlahkan maka hasilnya adalah C = A + B = (ax + bx) I + (ay + by) j + (az + bz) k
c. Untuk lebih memahami penjumlahan vektor berdasarkan komponen vektor satuan, siswa diberi latihan soal

Penutup

a. Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan
b. Siswa diberi informasi tentang materi pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu tentang gerak lurus beraturan.
c. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

Download skenario pembelajaran vektor






.
Topik: #Pembelajaran fisika #Skenario pembelajaran penjumlahan vektor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

   

Popular Posts

  • Ringkasan materi dan pembahasan soal UN fisika tentang gelombang bunyi
    RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN TENTANG GELOMBANG BUNYI Ringkasan materi dan pembahasan soal-soal ujian nasionl fisika sma tentan...
  • Pembahasan soal gerak vertikal ke atas
    Pembahasan soal gerak vertikal ke atas Dibawah ini merupakan pembahasan soal-soal fisika mengenai gerak vertikal ke atas yang merupakan baha...
  • Pembahasan soal vektor matematika
    Dibawah ini adalah pembahasan soal-soal matematika tentang vektor dan dilengkapi dengan ringkasan materi. Mudah-mudahan pembahasan ini dapat...
  • Cara mudah membuat file gambar screenshot
    CARA MEMBUAT FILE GAMBAR SCREENSHOT Kadangkala, kita ingin menjadikan gambar-gambar pada word (Word 2007, 2010, 2013 dan lainya) menjadi fil...
  • Pembahasan soal Fungsi Invers
    PEMBAHASAN SOAL FUNGSI INVERS Berikut ini adalah pembahasan soal-soal matematika tentang fungsi invers. Pembahasan soal ini bisa dijadikan b...
  • Pembahasan soal tegangan permukaan dan viskositas
    Pembahasan soal tegangan permukaan dan viskositas Nomor 1 Panjang kawat L = 10 cm dan gaya tarik minimum yang diperlukan agar kawat berada d...
  • Termodinamika
    Termodinamika (bahasa Yunani: thermos = 'panas' and dynamic = 'perubahan') adalah fisika energi , panas, kerja, entropi dan...

Halaman

  • Beranda
  • Site Map
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Gambar tema oleh Matt Vince. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah